Jumat, 29 Juni 2012

Teknik Pelayanan Ondo Ende

Rekan Triviji Yth,

Dalam posting kali ini sedikit saya akan membahas masalah teknik pelayanan terhadap konsumen. Dimana pokok bahasan ini termasuk paling banyak ditanyakan oleh client saya setelah seputar pengoperasian GM2 Machine.

Langsung saja, dalam bisnis rata – rata kita menjalankannya tidak sendiri. Hampir dapat dipastikan kita membangun bisnis dengan beberapa orang sebagai sekutu. Bisa suami, istri, kakak, adik, teman, dan karyawan. Nah disini masih banyak yang belum memahami tentang teknik pelayanan konsumen yang benar. Masih banyak yang mencampuradukan antara hubungan pribadi, keluarga dan sahabat dengan hubungan bisnis. Maka tidak heran sering kali seseorang merasa canggung untuk mengambil suatu keputusan. Padahal keputusan tersebut sering kali bersifat urgent.

Untuk menjaga profesionalisme kerja dan menjamin kelangsungan usaha anda, maka anda harus merumuskan teknik pelayanan yang tepat. Anda harus bisa membagi tugas dengan rekan anda.

Jika usaha tersebut anda jalankan 2 orang, maka jika ada client, anda berdua jangan sampai akrab semua. Karena orang yang sudah akrab cenderung lebih berani mengajukan permohonan keringanan lebih besar. Suaru saat jika anda berdua akrab dengan client yang sama, maka jika client anda melakukan bargaining anda berdua akan kesulitan menolaknya karena ada dorongan rasa tidak enak dan tidak ada alasan untuk menolaknya secara bisnis.

Selain itu jika suatu saat konsumen anda merasa kecewa dengan pelayanan yang anda berdua berikan, mereka merasa sudah mentok, merasa tidak ada harapan lagi. Namun jika anda cuma salah satu saja yang akrab, maka jika konsumen anda merasa tidak puas dengan pelayanan yang anda berikan, mereka masih memiliki harapan pelayanan dalam perusahaan anda akan diperbaiki oleh rekan anda dan sebaliknya.

Sekian, Semoga Bermanfaat
Kazzu 0817271369

Tidak ada komentar:

Posting Komentar